Minggu, 06 November 2011


Tips memilih suara ciblek untuk memaster burung kenari


Suara burung ciblek hingga saat ini masih dianggap sebagai “senjata” yang bagus dan perlu dimiliki burung kenari untuk dibawa ke arena lomba kicauan. Memang, suara ciblek dengan kecep-kecapnya yang tajam, bisa terdengar dominan di keramaian arena lomba burung kicauan.
Sebagaimana kita ketahui, burung ciblek ada yang berkicau ngebren rapat tanpa jeda dan ada yang tidak rapat tetapi terdengar jelas satu-satu. Mana yang harus kita pilih?
Sama dengan kalau kita memilih suara burung blackthroat untuk isian kenari, maka untuk memilih ciblek pemaster kenari kita pilih yang suaranya yang justru tidak rapat ngebren. Jika Anda memilih suara ngebren maka kenari akan sulit meminirukan dan jadinya masteran itu “tidak masuk”.
Bagaimana membedakan suara ciblek yang ngebren dan yang tidak ngebren?
Coba kita perhatikan lagi video ciblek di bawah ini (video ini sudah diupload dalam artikel Ciblek kalung ini masuk ketegori top, lihat videonya atau download suara ngebrennya). Coba perhatikan.
Nah suara ngebren adalah suara dari detik ke-7 hingga detik ke-14. Sedangkan suara yang tidak ngebren tetapi juga rapat dan pas untuk pemasteran kenari adalah yang dari detik ke-29 hingga detik ke-37.
Perlu juga diketahui, tidak semua burung ciblek bisa mengeluarkan suara ngebren tetapi sebenarnya tetap memiliki suara kecap-kecap yang rapat. Nah, gunakan dan pilih ciblek dengan suara dominan yang tidak ngebren.
Jika Anda tidak punya suara ciblek yang demikian tetapi tetap ingin hasil maksimal untuk pemasteran burung-burung Anda, nggak perlu repot-repot amat. Segera saja kontak Om Irvan untuk membeli produk smartmastering.com. Minta atau konsultasi saja dulu untuk memesan suara isian seperti apa yang Anda inginkan.
Catatan penting:
Memaster burung kenari hanya bisa efektif dilakukan ketika burung masih anakan. Mulailah dimaster sedini mungkin. Semakin dini semakin baik. Jika burung sudah mulai belajar ngeplong baru dimulai pemasteran, maka suara isian yang diberikan tidak bisa masuk.
saya kutip dari http://omkicau.com/2011/04/12/tips-memilih-suara-ciblek-untuk-memaster-burung-kenari/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar