Minggu, 06 November 2011

Ciri - ciri Burung Cendet / Pentet Madura

Ada banyak yang mengatakan bahwa cendet madura itu oke banget kalo dibuat latber ato latpres, karena disamping gayanya yang ok! banget, cendet madura ini diyakini memiliki isian lagu yang banyak. Sehingga banyak yang memburu dan mempersepsikan ciri - ciri dan jenis ini................
Sebelumnya banyak yang memberikan kriteria dari cendet jenis ini, tapi kebanyakan berbeda beda penjabaran dari konsep awalnya, yang membuat sebagian orang dibuat bingung dengan cendet jenis madura ini.

Berikut ini adalh ciri - ciri cendet madura yang dapat saya kumpulkan dan melakukan observasi dibeberapa pasbur (pasar burung) sekitar jatim (jawatimur) :

  1. Cendet madura ini memiliki kepala yang tidak terlalu besar dan lonjong.
  2. Ukuran badan sudah dipastikan tidak terlalu besar tapi panjang.
  3. Warna bulu relatif sama dengan cendet2 lain yang jenis jatim, Dan juga memiliki ukuran sayap yang panjang pula cuman tidak terlalu banyak warna coklatnya. Jadi yang lebih dominan adalah warna hitam kepala lebih banyak dan sampai hitam mengkilap dibagian sekitar matanya dan hitam juga sayapnya, abu - abu di bagian punggung, putih dibagian dada yang membuat warna coklat dibagian tersebut cuman sedikit banget.
  4. Ukuran bulu ekor lebih panjang dari cendet -cendet lain.
  5. Cara nangkringnya cendet madura ini selalu berdiri tegap sampai 80%, tapi kalo sedang fighter berdiri banget sampai tegap 90% seperti membentuk angka 1.
  6. Posisi kaki berdiri dengan lutut sedikit ditekuk kedalam.
  7. Ciri - ciri yang terakhir yang tidak dimiliki cendet madura yang masih mudah (alias baru ngurak 1x 2x), baik bakalan, setengah jadi.....itu galaknya minta ampun kalo liat burung sejenisnya, sampai2 nabrak sangkar kaya' ngajak tarung sambil memekarkan bulu ekornya. (bukan loncat2 karena ketakutan lho). saya kutip dari http://wartawanpost.blogspot.com/2011/04/ciri-ciri-burung-cendet-pentet-madura.html

1 komentar:

  1. Biar lebih jelas tolong diberikan gambar\foto perbedaan antara cendet jatim & madura! Trim's KICAU MANIA semoga sllu jaya!

    BalasHapus