Senin, 07 November 2011

BURUNG KICAU

KICAUAN
Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx.



Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves.



Burung dapat dibagi menjadi dua macam,yaitu burung hias dan burung berkicau.



Pada blog ini saya akan mencoba memberikan info-info mengenai burung berkicau.



Di Indonesia burung berkicau lebih diminat oleh masyarakat hal itu bisa kita liat dari lomba-lomba burung berkicau yang dipenuhi kontestan-kontestan dari dalam dan luar kota. Para pencinta burung berkicau di Indonesia pun Banyak yang membuat group-group pecinta burung.Biasanya mewakili daerah nya masing-masing. Para kontestan burung pun tak tanggung-tanggung mengeluarkan uang puluhan bahkan ratusan untuk menjadi mahar se ekor burung berkicau juara atau pun yang memiliki bakat yang bagus.Tak hanya itu kandang untuk sang jawara pun tak sembarangan,ada yang terbuat sari kayu jati,kayu cendana bahkan dari gading gajah pun ada.Harga sebuah sangkar yang terbuat dari kayu cendana bahkan bisa mencapai 45 juta.Apalagi harga sangkar yang terbuat dari gading gajah.


Jenis burung yang banyak di konteskan adalah :

1.Murai batu

Murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran Burung Muray batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif. Serta penampilan fisiknya yang indah. Ciri umum semua jenis murai batu adalah ekornya yang panjangnya melebihi ukuran badannya. Kepala, leher, dada bagian atas, dan paruhnya berwarna hitam berkilau. Badan bagian bawah berwarna cokelat kemerahan. Panjang badan untuk betina 22 cm, sedangkan untuk jantan mencapai 28.

2.Jalak suren


 Jalak (Ingg. starling) adalah nama sekelompok burung pengicau dari suku Sturnidae. Burung yang umumnya berukuran sedang (sekitar 20-25 cm), gagah, dengan paruh yang kuat, tajam dan lurus. Berkaki panjang sebanding dengan tubuhnya. Bersuara ribut, dan berceloteh keras, terkadang meniru suara burung lainnya. Di alam, burung ini kebanyakan bersarang di lubang-lubang pohon.



Burung jalak relatif mudah dijinakkan. Dalam kandang burung ini sangat aktif bergerak dan berkicau. Karena itu penggemar burung kicau memelihara burung ini untuk melatih jenis burung kicau lain.

3.Tledekan



Burung Tledekan mempunyai panjang badan berkisar antara 8 s/d 20 cm. Membedakan Jenis kelamin pada burung ini dengan pola warna yang kontras antara tledekan yang berkelamin jantan dibandingkan dengan burung tledekan betina. Contoh pada Species Tledekan Gunung Warna Pejantan pada Jenis Niltava ini belakang biru tua dan satu biru cerah di kepala, terdapat kedok hitam sekitar mata mata, satu jakun hitam, dan terdapat warna jeruk bersinar perutnya, beberapa genus seperti vivid niltava berwarna ungu kebiruan, biru putih (mungkin sering kita kenal sebagai tledekan laut) Warna pada jenis Betina adalah coklat zaitun dengan coklat muda di perut , dan warna betina muda adalah coklat cerah dengan agak keputih-putihan.

4.Cendet


Cendet, Bentet, pentet, atau toet untuk orang jawa barat merupakan burung petengger dan juga burung pemangsa yang agresif dari famili Laniidae. Burung ini sering ditemukan bertengger di pepohonan yang terdapat di ladang, persawahan, di tepi hutan dan tempat-tempat terbuka di daerah Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Maluku. Burung itu juga mudah ditemui di India, Papua Nugini, Filipina, dan daratan Cina.



 



5.Blackthroat



Blackthroated (Serinus Atrogularis)atau bisa di Indonesia dikenal sebagai Blackthroat burung yang berasal dari Benua Afrika dan di Indonesia umumnya Blackthroat yang ada diperkenalkan dan dibawa oleh oleh Bangsa Belanda. Asal nama burung ini tidak lepas dari ciri fisik dimana pada bagian kerongkongannya terdapat warna hitam pekat yang terlihat seperti burung ini sedang memakai dasi di lehernya atau terdapat noktah hitam di lehernya




 

6.Anis merah




Anis merah atau biasa disebut anis cacing memiliki suara yang medu dengan crecetan yang cukup tajam.Ditunjang dengan gaya teler yang memukau membuat anis merah menjadi burung berkicau paling favourite di Indonesia.Sesuai dengan namanya pakan yang paling burung ini suka adalah cacing tanah.

7.Anis kembang



Anis kembang secara struktur hampir mirip dengan anis merah,perbedaanya dengan anis merah adalah di bulunya terdapat titik-titik hitam,selain itu anis kembang tidak memiliki gaya teler.sama dengan anis merah burung ini pun sangat menyukai cacing tanah.Burung ini termasuk salah satu burung yang kurang diminati oleh para peburung, mungkin hal itu karena burung ini kalah pamor dengan anis merah.

8.Kacer
Kacer adalah salah satu burung yang cukup ramai di kontesan.Suaranya yang keras dan merdu membuat penggemar nya menjadi terhipnotis,ditambah gaya teler ke atas bagai ular kobra yang begitu fantastik.tak heran jika burung ini memiliki banyak penggemarnya.Tetapi karena populasi nya yang cukup banyak burung ini memiliki harga yang cukup murah bila di banding kan burung lain.





9.Cucak ijo





Burung yangberwarna hijau ini memiliki variasi lagu yang begitu enak di dengar,dengan pembawaannya yang begitu santai membuat penggemarnya terbuai.tapi jangan salah burung ini pun memiliki power yang kuat,apalagi jika suhu udara sedang panas.Burung ini bisa bernyanyi dengan full power.

10.Cucak rawa



Burung yang memiliki suara yang sangat unik ini cukup mahal harganya.Bakalan hutan saja sudah mencapai 2 juta bahkan lebih.memang suara cucak rawa itu sangat khas.Dan tidak semua burung dapat mengikuti suara nya.Penggemar cucak rawa pun cukup banyak.

11.Kenari



Burung kenari adalah burung kecil yang memiliki banyak warna. Walau kecil burung ini punya crecetan suara yang begitu keras.Semakin panjang burung ini ngerol maka makin mahal harganya.Warna pun mempengaruhi harganya.Kenari yang paling banyak di incar adalah kenari merah.Kenari ini cukup mahal harganya.

12.Love bird



Burung yang sangat cantik ini memiliki suara yang bisa menggetarkan jiwa para peminat nya,bagaimana tidak,burung ini memiliki crecetan yang panjang serta lengkingan suara yang begitu dahsyat.Karenanya burung ini sering dijadikan master untuk burung murai batu.

sumber:http://ozybebas.blogspot.com/2011/09/burung-kicau-kicauan-burung-adalah.html

1 komentar: